Cara Membedakan Sistem Pemilihan Ratu Kecantikan Tingkat Nasional



1. Province/State Sash
Beberapa negara memiliki banyak provinsi atau negara bagian yang pada dasarnya memiliki ciri kecantikan tersendiri. Penggunaan selempang Provinsi menunjukan kwalitas dari sebuah ajang nasional untuk sistem pemerataan dalam keikutsertaan. Sistem Province/State Sash dapat dibagi menjadi 2 cara, yaitu :

a. Province/State Sash Without Zona-Cut
Sistem ini berbasis pada keikutsertaan tiap distrik. Semua distrik dapat berpartisipasi dalam pengiriman wakilnya ke tingkat nasional.
Contoh Kontes :
Miss Venezuela, Miss Indonesia, Miss USA, Puteri Indonesia, Miss Universe Puerto Rico, Miss Colombia, Nuestra Belleza Mexico, Miss Universo Brasil, Puteri Indonesia, Nuestra Belleza El Salvador, Miss Universo Peru, Miss France, Miss Kazakhstan, Miss Universe Japan, dll.

b. Province/State Sash With Zona-Cut
Sistem ini hanya dianut oleh Rusia. Hal ini didasarkan atas luas wilayah dan banyaknya daerah yang memiliki kompetisi kecil. Pada tahun 2014 saja terdapat 563 kompetisi menuju Miss Russia 2014. Karena banyaknya wakil dari tiap daerah, maka sistem Zona-Cut diberlakukan untuk menyaring 50 kontestan dari 563 pemenang kontes distrik dan kota.

2. Numbering
Sistem nomor sebenarnya adalah sistem yang dipakai dalam pencarian Top Model namun beberapa negara kemudian menganutnya dalam kontes kecantikan nasional. Sistem Numbering dibagi menjadi 2 yaitu :

a. General Numbering
General numbering merupakan sistem audisi massal yang dipusatkan pada sebuah kota untuk ajang nasional. Setiap wanita yang lolos akan mendapatkan nomor urut sebagai tanda peserta. General Numbering adalah sistem bebas. Oleh karena itu, kita dapat melihat wanita-wanita yang gagal di kompetisi sebelumnya, dapat juga berkompetisi di tahun berikutnya.
Contoh : Binibining Pilipinas & Miss South Africa

b. Order-Numbering
Order-Numbering merupakan salah satu sistem paling baik dalam meningkatkan kwalitas Pageantry. Setiap wanita dapat berkompetisi di daerah masing-masing. Pemenang Distrik biasanya akan dikirim ke ajang nasional beserta beberapa kontestan lain yang dianggap berkualitas. Mereka akan berkompetisi bersama lagi di kontes nasional untuk merebut mahkota nasional.
Contoh Kontes : Femina Miss India & Miss Universe Australia.

3. Name Sash
Kontestan selalu berselempangkan nama sendiri dan sistem ini adalah realisasi dari Order-Numbering system untuk memperjelas identitas kontestan.
Contoh Kontes : Miss Universe Canada, Miss Netherlands & Miss Mauritius


BACA JUGA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar