Tips Berbisnis Dengan Teman


Berbisnis dengan teman kadang enak dan kadang tidak enak. Enaknya karena sudah kenal, tdak enaknya, hubungan bisa runyam ketika terjadi perselisihan. Berikut ini tips sederhana yang bisa digunakan dalam berbisnis dengan teman.

Pahami Karakternya
Bedakan antara teman yang enak diajak ngobrol dengan teman yang diajak bisnis. Kondisi bisa berbeda 180 derajat ketika sudah berbicara masalah uang. Pahamilah karakter teman anda. Apakah teman tersebut boros dalam menggunakan uang, tidak efektif dalam menggunakan waktu, malas, pelit, lebih suka bekerja di belakang meja atau berhubungan dengan orang lain? Apakah teman anda itu suka bekerja keras, banyak ide miskin praktik, relasinya banyak, penakut atau pemberani? Jika anda sudah yakin, teman tersebut sudah tepat untuk diajak bekerjasama, maka segera peatakn potensi masing-masing. 

Tentukan Aturan Main
Sebuah kongsi bisa pecah ketika tidak ada aturan main yang jelas. Kalaupun ada aturan main yang jelas, apakah aturan itu benar-benar dijalankan atau sekadar slogan? Tentukan mana wilayah kerja masing-masing. Berapa gaji? Apa hukuman jika melanggar aturan? 

Tegas
Bisnis berbeda dengan organisasi sosial.jika anda merasa dirugikan lebih baik, kongsi diputuskan dan pecah. Sebab untuk menjadi perusahaan yang mendatangkan laba, tidak bisa diraih hanya dalam semalam. Ada proses panjang yang harus terus dilalui. Rasa nyaman juga bisa menjadi pertimbangan. Hidup kita didunia ini hanya sekali. Jangan biarkan ketidaknyamanan bisnis menjadi sebab hidup kita tidak bahagia


Sumber : “The Power Of Mimpi” - Akbar Kaeloa

BACA JUGA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar